:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Information Technology » Bagaimana membangun ruang server yang aman

Bagaimana membangun ruang server yang aman

Data center - server room - ruangan server - membuat ruang serverSeringkali beberapa organisasi/ perusahaan terkadang menganggap bahwa tingkat kebutuhan akan ruang server seperti dinomor duakan, berberda dengan organisasi/ perusahaan yang bergerak dibidang Telekomunikasi, perbankan yang memang harus membutuhkan ruang server, karena merupakan bagian dari standard yang harus disediakan, sehingga mau tidak mau perusahaan harus membangun ruang server bahkan sampai ke level pembangunan data center.

Tetapi seiring perkembangan jaman dan teknologi serta kebutuhan akan informasi dari setiap organisasi/ perusahaan, sehingga sekarang ini perlahan-lahan sudah merubah paradigma nya mengenai pentingnya akan sebuah ruang server. Akan tetapi terkadang sering kita temukan ruang server yang masih sekedarnya, artinya asal ada ruang server saja, tetapi tidak memperhatikan aspek-aspek yang diperlukan dalam membangun ruang server.

Pada artikel kali ini, Kami akan membahas mengenai bagaimana membangun ruang server yang aman dan sesuai dengan standard yang ada.

Server Room

Sesuai dengan namanya server room adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan server (aplikasi dan database), perangkat jaringan (router, hub dll)  dan perangkat lainnya yang terkait dengan operasional sistem sehari-hari seperti UPS, AC dan lain-lain. Sebuah ruang server harus memiliki standar kemanan yang melindungi kerja perangkat-perangkat di dalamnya dari mulai suhu udara, kelembaban, kebakaran dan akses masuk dari orang-orang yang tidak berkepentingan.
Ruang server adalah aset bagi sebuah perusahaan karena di dalam ruangan ini terdapat aplikasi dan database pelanggan yang semakin hari akan semakin bernilai bagi perusahaan, oleh karena itu ruangan ini harus selalu dalam kondisi yang baik.

Jenis Ruang Server

Ukuran dan jumlah perangkat dalam sebuah ruang server sangat bervariatif mulai dari yang kecil, sedang maupun besar, hal ini sangat tergantung dari jenis usaha perusahaan. Sebagai contoh sebuah usaha rumah makan tidak memerlukan ruang server yang besar karena untuk rumah makan besar sekalipun aplikasi dan data yang disimpan dalam server hanya sebatas transaksi penjualan tanpa perlu menyimpan data pelanggannya, beda sekali dengan usaha perbankan atau jasa keuangan yang harus menyimpan dengan lengkap data dan transaksi yang terjadi pada setiap pelanggannya.

produk pandu cipta solusi data centerRuang server sangat bervariasi baik dari segi dimensi maupun kelengkapan pengamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dalam mengamankan asset database dan aplikasi yang dimiliki dan tergantung dari bisnis yang dijalankan (Bank, Lembaga Keuangan, Retail Market, Manufacture dll.). Selain dari jenis usaha/bisnis yang dilakukan, ruang server juga sangat tergantung dari proses bisnis yang dijalankan apakah harus 24 jam aktif atau tidak.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membangun ruang server

  • Rack Server yang berfungsi untuk menaruh perangkat server / devices lainnya (switch, router, kvm, dll) sehingga terlihat lebih rapi dan mudah untuk pengelolaannya
  • Lantai ruang server harus menggunakan raised floor yang tahan api (dengan ketinggian tertentu) yang berfungsi untuk menyalurkan udara dingin dari bawah, selain itu dapat dibawah raised floor dapat digunakan untuk mendistribusikan kabel power dan network.
  • Pintu masuk harus menggunakan pengamanan yang cukup dan sebaiknya menggunakan finger scan/ hand key agar dapat melakukan review berkala siapa saja yang masuk ke dalam ruangan.
  • Jalan keluar menuju pintu masuk ruangan harus dibuat dengan kemiringan tertentu yang dapat digunakan untuk memasukan server dan perangkat lainnya dengan mudah dan aman.
  • Sistem pendingin sebaiknya menggunakan standing AC dengan blower yang berada di bagian bawah/lantai sehingga suhu dingin dapat disalurkan melalui raised floor.
  • Sistem pendingin lainnya adalah dengan menggunakan AC split seperti pada umumnya.
  • Sistem pendingin baik dengan standing AC maupun AC split harus mendapatkan backup unit yang selalu siap apabila dalam kondisi tertentu dibutuhkan.
  • Indikator suhu dan kelembaban harus dapat dilihat dari luar sehingga dapat diketahui dengan pasti kondisi ruangan di dalam.
  • Fire alarm system (Sistem deteksi kebakaran) dan fire supresionsystem harus terdapat dalam ruangan dengan menggunakan gas tabung pemadam yang tidak merusak server apabila bekerja (FM200 atau sejenisnya).
  • Terdapat media backup untuk melakukan backup baik harian, bulanan atau tahunan
  • UPS (Uniteruptable Power Supply) yang digunakan untuk menyimpan arus listrik pada saat listrik PLN padam (tidak bekerja) sedangkan operasional IT harus tetap berjalan

Keamanan Ruang Server

Perlu juga dalam membangun ruang server, kita harus memperhatikan serta memperhitungkan bagaimana mengamnakan Ruang server. Karena ruang server sebagai pusat informasi (jantungnya) dari suatu organisasi/ perusahaan, sehingga tingkat kritikal dari suatu organisasi/ perusahaan adalah sangat penting, terutama bagaimana kita mengamankan ruang server terebut dari hal-hal yang tidak kita inginkan .

Adapun dasar dari diperlukannya keamanan ruang server adalah berdasarkan aspek segitiga keamanan informasi yaitu :

segi tiga keamanan informasiAda empat aspek utama dalam keamanan komputer.

  • Privacy/Confidentiality yaitu usaha menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses (mengaransi bahwa data pribadi tetap pribadi).
  • Integrity yaitu usaha untuk menjaga data atau sistem tidak diubah oleh yang tidak berhak.
  • Authentication yaitu usaha atau metoda untuk mengetahui keaslian dari informasi, misalnya apakah informasi yang dikirim dibuka oleh orang yang benar (asli) atau layanan dari server yang diberikan benar berasal dari server yang dimaksud.
  • Availability berhubungan dengan ketersediaan sistem dan data (informasi) ketika dibutuhkan.

Salah satu cara untuk mengamankan ruang server adalah :

  • Gunakan media access control (seperti : finger print, hand key, retina, proximity) dan gunakan fasilitas log (software ) dari perangkat access control tersebut untuk melihat siapa-siapa saja yang masuk ke dalam ruang server
  • Gunakan log book (buku tamu ruang server) terutama bagi para tamu/ vendor yang akan memasuki ruang server untuk mengisi log book tersebut.
  • Gunakan software-software terutama dalam hal setiap perubahan konfigurasi dari system server yang ada, seperti menggunakan produk dari cymtrack.
  • Gunakan CCTV untuk memonitoring kegiatan yang ada didalam ruang server dan jangan lupa gunakan DVR (Digital Video recording) untuk menyimpan hasil rekaman selama beberapa waktu tertentu
  • Gunakan Fire alarm system (Sistem deteksi kebakaran) dan fire supresionsystem harus terdapat dalam ruangan dengan menggunakan gas tabung pemadam yang tidak merusak server apabila bekerja (FM200 atau sejenisnya).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana membangun ruang server ataupun data center, bisa mengubungi kami PT. Pandu Cipta Solusi

Referensi :


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: