:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Manajemen » Pentingnya promosi penjualan yang efektif

Pentingnya promosi penjualan yang efektif

promosiPada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai bagaimana pentingnya kita melakukan promosi sebagai sarana untuk melakukan penjualan yang efektif, yang sebelumnya sudah saya posting pada artikel blog.panducipta.com. Promosi penjualan yang efektif bisa meningkatkan penjualan anda sekalipun pesaing anda terlalu banyak. Jika anda mampu menguasai pasar yang memiliki banyak pesaing tentu saja konsumen lebih mudah ada kuasai dan lebih mudah bagi anda untuk berpromosi.

Promosi penjualan yang efektif mampu meningkatkan omset anda sehingga perputaran modal akan lebih cepat dijalankan. Jika anda tidak bisa melakukan strategi promosi terbaik maka anda tidak bisa memasarkan produk anda dengan cepat.

Inilah yang menjadi kendala banyak pebisnis sehingga mereka tidak bisa melakukan pengembangan pada perusahaannya. Untuk melakukan promosi produk terutama produk baru memang perlu andanya stratergi khusus sehingga pelanggan atau konsumen akan tertarik.

Untuk membangun suatu komunitas utuh antara pelanggan dan penjual promosi memang diperlukan apalagi ketika pesaing banyak yang menggunakan stratergi ampuh untuk memikat konsumennya.

Di sini anda memerlukan promosi penjualan yang efektif untuk melawan pesaing bisnis anda. Sebelum anda melakukan promosi penjualan ada baiknya bila anda mengetahui bagaimana promosi itu dilakukan dan kepada siapa anda harus berpromosi.

Jika anda hanya asal-asalan berpromosi maka anda hanya mengeluarkan biaya promosi yang percuma. Pendapatan anda tidak bertambah namun pengeluaran anda bertambah. Inilah yang mengakibatkan modal dalam perusahaan cepat habis.

Karena strategi promosi yang tidak efekif sehingga penjualan tidak bisa maksimal dan pada akhirnya perusahaan akan bangkrut. Promosi penjualan yang efektif menggunakan beberapa metode sehingga target yang diharapkan benar-benar bisa dijalankan.

Beberapa keuntungan jika anda bisa melaksanakan promosi penjualan yang efektif di antaranya:

• Meminimalkan biaya
Jika promosi yang anda jalankan tepat pada target sasarannya maka anda tidak akan membuang biaya yang percuma. Perencanaan promosi penjualan sebelum anda berpromosi sangat ditekankan untuk mengurangi sejumlah biaya yang tak terduga.

• Meningkatkan penjualan
Tentu saja tujuan utama dari promosi adalah peningkatan penjualan produk dalam suatu perusahaan sehingga dengan promosi penjualan yang efektif diharapkan penjualan akan lebih mudah ditingkatkan.

• Menciptakan loyalitas pelanggan
Jika promosi yang anda lakukan berjalan dengan lancar maka pelanggan akan tertarik membeli produk anda. Jika mereka puas dengan produk anda maka mereka akan membeli produk tersebut secara terus menerus. Di sinilah akhirnya tercipta loyalitas pelanggan terhadap produk anda.

Untuk melaksanakan promosi penjualan yang efektif anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

• Pemberian contoh produk
Jika anda berpromosi ada baiknya anda membawa beberapa contoh produk yang ada tawarkan untuk di coba oleh konsumen.

Cara ini sangat efektif untuk memikat hati konsumen agar mereka percaya dan membuktikan sendiri tentang kwalitas produk yang anda tawarkan.

Seperti jika anda memasarkan produk kosmetik maka anda bisa membawa produk tersebut dan menawarkan kepada konsumen untuk menggunakan produk sebagai sampel atau contoh. Dari pendapat dan pengalaman mereka mencoba produk tersebut, maka anda lebih mudah menawarkan produk untuk mereka beli.

• Promo khusus
Ini merupakan promosi penjualan dengan memberikan keuntungan kepada pembeli, misalnya saja anda memberikan hadiah sattu produk secara cuma-cuma jika pembeli membeli dua produk.

• Hadiah
Sama halnya dengan promo, namun pemberian hadiah ini kadang bukan berupa produk yang dijual namun berupa souvenier maupun barang lain yang berbeda dari produk.

• Diskon
Berikanlah diskon khusus kepada pembeli anda, memang kelihatannya sepele namun diskon bisa memberikan anda lebih banyak konsumen.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: