:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Link terkait diri » Liputan acara seminar dan workshop 3-4 September 2013 , LPPM Insan Pembangunan dan Dikti

Liputan acara seminar dan workshop 3-4 September 2013 , LPPM Insan Pembangunan dan Dikti

Pembukaan seminar & Workshop oleh Ketua LPPM Insan Pembangunan Bpk. Bambang S, S.Kom, MM

Pembukaan seminar & Workshop oleh Ketua LPPM Insan Pembangunan Bpk. Bambang S, S.Kom, MM

Pada tanggal 3-4 September 2013, telah diadakan Seminar dan Workshop dengan Tema “Teknik  Penyusunan  Proposal  Penelitian  desentralisasi  dan  kompetitif nasional  dan Penyusunan dan Klinik Proposal  Penelitian”, yang diselenggarakan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STMIK Insan Pembangunan bekerjasama dengan DP2M Dikti (Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi), kebetulan sebagai tuan rumahnya adalah STMIK Insan Pembangunan yang berlokasi di jalan raya Gatot Subroto Km. 10 – Bitung Tangerang. Acara seminar dan workshop ini tidak dipungut biaya (gratis) , dimana dihadiri oleh 56 orang dari berbagai perguruan tinggi , mulai dari UMT (Universitas Muhamadiyah Tangerang), STMIK Raharja, STMIK Masa Depan, STMIK Dharma Putera, STIE PPI, STIKIM (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju), AMIK Al Muslim, STMIK Global, Akper Islamic Village, Kampus Lepisi, STIKOM.

Sekitar pukul 09.10 WIB Acara dibuka langsung oleh Ketua LPPM Insan Pembangunan Bambang Suhartono, S.Kom, MM memberikan sambutan yang isinya adalah :

Terkait dengan pelaksanaan pendidikan pada perguruan tinggi, Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian pada masyarakat adalah salah satu dasar tanggung jawab Institusi perguran tinggi, Dosen, mahasiswa  yang harus dikembangkan secara simultan dan bersama-sama.

Prof. DR. Ir. Untung Suropati, M.Sc sedang memberikan presetnasi

Prof. DR. Ir. Untung Suropati, M.Sc sedang memberikan presetnasi

Prof. DR. Imam Santoso, M.Si, sedang memberikan presentasi

Prof. DR. Imam Santoso, M.Si, sedang memberikan presentasi

Ketiga faktor ini erat hubungannya, sebab penelitian harus menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi. Untuk dapat melakukan penelitian diperlukan adanya tenaga-tenaga ahli yang dihasilkan melalui proses pendidikan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian itu hendaknya diterapkan melalui Pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dan menikmati kemajuan-kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.

Peningkatan kualitas, kuantitas dan kemanfaatan penelitian di sebuah perguruan tinggi harus dilaksanakan secara berkelanjutan dalam semangat menegakkan nilai-nilai kebenaran ilmiah di atas landasan prinsip kebebasan akademik. Pada tataran ini yang harus dilakukan adalah menjamin agar proses pengembangan kinerja penelitian di perguruan tinggi , dapat menghasilkan himpunan informasi penelitian (research records) yang cukup terjaga integritasnya. Dengan perkataan lain, juga menjamin agar kegiatan penelitian dapat dilaksanakan secara benar dengan senantiasa mempertimbangkan nilai-nilai moral dan etika.

Adapun Maksud dan tujuan dari kegiatan Seminar dan workshop ini adalah :

Adapun Maksud serta tujuan dari kegiatan seminar dan workshop ini adalah :

  1. memberikan kesempatan  bagi  para  dosen/peneliti di  masing-masing perguruan tinggi    untuk  secara  terus  menerus  dan  konsisten melaksanakan kegiatan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitiannya melalui seminar bertaraf local, nasional ataupun internasional.
  2. Meningkatkan  atmosfer  penelitian    sebagai  basis  dari  proses  pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Menumbuh-kembangkan  budaya  kerja  sama  antar  dosen/peneliti  baik  di  dalam negeri maupun luar negeri;
  4. Membangun  kepercayaan  diri  bagi  para  dosen/peneliti  untuk  terus  berkarya melalui  kegiatan  penelitian  yang  akan mendorong  terciptanya  budaya  penelitian  di lingkungan
  5. Merintis peluang kerjasama peneliti antar perguruan tinggi
  6. Penerbitan hasil penelitian yang mempunyai reputasi nasional ataupun internasional;
Peserta yang berjumlah 56 oang dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti acara seminar dan workshop

Peserta yang berjumlah 56 oang dari berbagai perguruan tinggi yang mengikuti acara seminar dan workshop

Setelah acara dilanjutkan dengan pembukaan dari Ketua STMIK Insan Pembangunan yang langsung dilakukan oleh Bapak Marihot Simorangkir, SE, M.Sc, dalam pembukaannya beliau menyampaikan akan pentingnya penelitian dan pengabdian masyakarat, karena seorang dosen tidak hanya melakukan rutinitas yaitu pendidikan dan pengajaran, karena terkait dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat haruslah berimbang, karena jika hanya melakukan kegiatana pendidikan dan pengajaran, seseorang belum bisa dikatakan menjadi seorang Dosen.

Setelah pembukaan tersebut, dilakukan pemaparan presentasi seminar yang dilakukan oleh Bapak Prof. DR. Imam Santoso, M.Si (dari Universitas Jendral Soedirman) dan Bapak Prof. DR. Untung Suropati, M.Sc (dari Universitas Sultan Hasanudin), keduanya mewakili  Team Pakar yang ditunjuk langsung oleh DIKTI untuk memberikan makalah seminar serta workshop tersebut. Sessi 1 langsung disampaikan oleh Prof. DR. Imam  Santoso, M.SI, dalam pemaparannya beliau menyampaikan makalah mengenai Teknik penulisan proposal penelitian, dimana pada materi ini dijelaskan bagaimana peneliti melakukan penulisan proposal yang baik sesuai dengan standard baku yang sudah ditentukan oleh DIKTI, mengikuti aturan tahun 2013, dimana Teknik penulisan ini lebih diarahkan kepada            khusus bagi para dosen pemula (dosen yang mempunyai jabatan fungsional maksimum lector dan pendidikan maksimum S2). Selain itu beliau juga memaparkan mengenai materi  Desentralisasi Penelitian di Perguruan Tinggi, pada materi ini banyak disampaikan mengenai  Skim Penelitian desentralisasi , mulai dari Penelitan bagi dosen pemula , Disertasi Doktor, Hibah Pekerti, Hibah bersaing , Penelitian fundamental, Hibah tim Pasca Sarjana ,Hibah unggulan PT.

Foto bersama Peserta, Pembicara dan Panitia pada hari pertama

Foto bersama Peserta, Pembicara dan Panitia pada hari pertama

Selanjutnya acara diselingi dengan ISHOMA, dan setelah itu dilanjutkan sesi setelah istirahat yaitu pre test , tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan para peserta terhadap penelitianyang ada di DIKTI , setelah melakukan pre test dilanjutkan acara oleh Nara sumber kedua yang dibawakan oleh Bapak. Prof. DR. Untung Suropati, beliau memaparkan materi mengenai Penelitian unggulan perguruan tinggi dan kompetitif Nasional, dalam materi ini beliau menyampaikan mengenai Penelitian unggulan bagi perguruan tinggi serta tujuannya, dimana masing-masing perguruan tinggi yang ingin mengikuti ini harus mempunyai tema-tema unggulan yang akan dibawa ke Dikti, untuk selanjutnya bisa bersaing dengan seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dalam pemaparannya , beliau juga menyampaikan secara jelas mengenai Kriteria dan persyaratan untuk mengikuti Penelitian unggulan ,sistematikan usulan penelitian unggulan, penelitian unggulan strategis nasional serta tema-tema yang menarik untuk dibahas. Dalam sesi ini dilakukan diskusi dan Tanya jawab , diskusi yang antusias diikuti oleh dosen ini membuat suasana seminar dan workshop menjadi hidup, karena  dari para peserta seminar ingin banyak mengetahui secara dalam mekanisme yang ada terhadap penelitian dosen pemulan, penelitian unggulan Perguruan tinggi. Para pembicara melakukan jawaban dan diskusi dengan baik sehingga para peserta bisa memahami acara seminar dan workshop tersebut. Sekitar jam 16.20  WIB acara diakhiri dengan dilakukan foto bersama antara peserta dengan para pembicara dan panitia seminar & workshop.

Ibu Dra. Yeni, MM dan Ibu Winanti S. Kom, MM sedang memberikan sharing sesion

Ibu Dra. Yeni, MM dan Ibu Winanti S. Kom, MM sedang memberikan sharing sesion

Hari kedua, Rabu 4 September 2013, acara dimulai sekitar pukul 09.15 WIB, dimana pada hari kedua ini

Bapak. Sobhar, S.Psi, MKM, sedang melakukan presentasi klinik

Bapak. Sobhar, S.Psi, MKM, sedang melakukan presentasi klinik

seminar dan workshop dibuka dengan acara Sharing session yang dilakukan oleh Pembicara yang pernah mengikuti  Hibah penelitian dosen pemula dari STIE Insan Pembangunan Ibu Dra. Yeni, MM dan Ibu Winanti, S.Kom, MM, kedua pemakalah menyampaikan sharing terkait dengan bagaimana mereka bisa mendapatkan hibah penelitian, dari proses penulisan , presentasi terhadap team reviwer dan dikabarkan bahwa mereka lulus dalam mengikuti hibah penelitian yang telah dilakukan oleh DIKTI. Dalam presentasi ini juga dilakukan diskusi dan Tanya jawab yang dilakukan oleh para peserta dengan para pembicara sharing session. Acara selanjutnya diisi oleh Bapak. Prof. DR. Untung Suropati, M. Sc, dalam sessi ini beliau menyampaikan Tips & Triks  mengenai tema-tema yang baik untuk diambil termasuk faktor penulisan yang baik , presentasi yang dibawakan adala isu penting penelitian , ilmu social, politik dan budaya, disessi inipun beliau menyampaikan informasi yang sangat dalam kepada para peserta mengenai tips & trik dalam penulisan yang baik mulai dari warna cover makalah, judul makalah, sistematikan penulisan . Diskusi dan Tanya jawab dilakukan dengan sangat menarik disesi ini, dan setelah itu dilakukan Klinik yaitu presentasi yang dilakukan oleh Bapak. Sobhar, S.Psi, MKM dan Bapak. Adi Widodo, S.Kom, MMSi, dalam presentasi yang dilakukan oleh kedua pemakalah mereka mempresentasikan terhadap tulisan ilmiah yang pernah dibuat, dimana untuk Bapak Sobar, beliau menunjukan makalah yang pernah gagal dalam pengajuan hibah penelitian, diskusi yang sangat menarik ditanggapi langsung oleh Bapak. Prof. DR. Untung, M.Sc,beliau banyak memberikan masukan-masukan kepada kedua pemakalah.
Tidak terasa waktu sudah mendekati jam 15.45, acara berikutnya yaitu kesan pesan dari para peserta terhadap acara seminar dan workshop ini, dimana tanggapan peserta menyambut baik atas terlaksananya acara tersebut sehingga bisa membuka wawasan peserta terhadap penulisan ilmiah yang baik, sedangkan dari Bapak. Prof. DR Untung, M.Sc memberikan kesan dan pesan bahwa setelah dilakukan nya seminar dan workshop ini, para peserta diharapkan bisa langsung mengaplikasikan kedalam bentuk nyata yaitu melakukan penulisan ilmiahnya. Setelah acara kesan dan pesan, acara ditutup oleh Bapak Drs. Karnawai Kamar, MM dan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Drs. Firdaus Putra, MM.

Foto bersama didalam ruangan dengan peserta wanita dan Pembicara

Foto bersama didalam ruangan dengan peserta wanita dan Pembicara

Foto bersama dengan peserta pria dan pembicara

Foto bersama dengan peserta pria dan pembicara

Foto bersama diluar ruangan

Foto bersama diluar ruangan

Foto bersama diluar ruangan

Foto bersama diluar ruangan

Acara terakhir dilakukan foto bersama oleh Peserta , Pembicara dan Panitia yang dilakukan baik didalam ruangan maupun diluar ruangan, setelah itu peserta langsung mengambil sertifikat dari Panitia seminar dan workshop.

Sekali lagi , Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada para pembicara , Bapak. Prof. DR Imam, M.Si, Bapak Prof. DR, Untung Suropati, M.Sc, Bapak Sumartono dan Bapak / Ibu Dosen yang mewakili masing-masing perguruan tinggi dan sekaligus mengucapkan mohon maaf jika selama penyajian ada hal-hal yang kurang berkenan,  semoga Allah SWT meridhoi serta memberikan berkah kepada kita semua,amiiin.

Untuk mendownload materi seminar bisa mengklik link berikut :https://www.dropbox.com/sh/qivkm9at2oc2072/6Tzrm3BzkW


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: