:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Link terkait diri » Perguruan Tinggi IT : perananan dan peluang kerja serta wirausaha

Perguruan Tinggi IT : perananan dan peluang kerja serta wirausaha

bambang suhartonoTepatnya pada tanggal 29 Agustus 2013, jam 18.00 – 19.00 WIB, suara saya mengudara melalui Radio Heartline FM 100.6 Mhz yang berada dilokasi Lippo Karawaci. Pada saat itu saya diminta untuk menjadi Narasumber Talkshow diradio tersebut. Pada saat itu ada 3 pembicara , dan 1 Penyiar dari Pihak Radio Heartline. Pembicara yang datang adalah Bpk. Dedi, mewakili Perguruan tinggi Insan Pembangunan Tangerang, Ibu Leoni (selaku praktisi radio/ broadcasting) dan saya sendiri mewakili LPPM (Lembaga Peneltian dan Pengabdian Masyarakat), dan dari pihak Penyiar Radio adalah Bpk. Tindo.

Topik talkshow pada acara radio tersebut adalah membicarakan mengenai Peranan Perguruan Tinggi Ilmu Komputer terkait dengan Penelitian , pengabdian masyarakat serta prospek lulusan kerja baik dalam dunia industri maupun wirausaha.

Acara yang dimulai dengan selingan music , dilanjutkan dengan diskusi yang diawali dari Bpk. Tindo selalu penyiar Radio, banyak mendiskusikan apa saja yang dilakukan oleh Lembaga LPPM pada perguruan tinggi , saya sendiri mewakili LPPM menjelaskan  peranan dan fungsi LPPM dimana banyak menjelaskan kegiatan-kegiatan penelitian yang telah dilakukan selama ini, baik mulai yang terkait dengan teknologi , khususnya teknologi yang nanti nya bisa dimanfaatkan oleh orang banyak, serta pengabdian masyarakat, dimana Perguruan tinggi tidak hanya melakukan pendidikan dan pengajaran saja, tetapi juga melakukan bagaimana memberdayakan masyarakat yang ada, khususnya yang ada disekitar perguruan tinggi. Selain dari peranana LPPM, saya sendiri lebih banyak menjelaskan prospek dari lulusan Perguruan Tinggi, khsususnya perguruan tinggi IT (Informasi dan Teknologi), dimana para lulusan dari Perguruan tinggi IT bisa diterima pasar kerja, secara umum saya coba menjelaskan pasar kerja terkait IT umumnya dibagi menjadi 2 klasifikasi, yaitu pasar kerja terkait dengan Hardware maupun Software, untuk pasar kerja terkait dengan hardware  , lulusan perguruan tinggi diharapkan menjadi tenaga-tenaga professional dibidang Networking, Security, System Adminsitrator,  dll.  Sedangkan dari pasar kerja Software diharapkan bisa menjadi tenaga-tenaga professional dibidang Programmer (Web , Desktop, Mobile), System Analis, Business Analys, Database Administrator, dll. Bahkan tidak lulusan perguruan tinggi bukan hanya menjadi tenaga kerja professional melainkan bisa menjadi wirausaha (enteprenurship) dibidang IT, karena melihat pasar kerja IT yang cukup besar serta perkembangan dunia yang tidak lepas dari adanya kebutuhan teknologi tersebut, ini bisa dibuktikan banyak sekali dari Mahasiswa khususnya pekerja yang dulunya bukan tenga professional IT (seperti : tenaga kerja Adminstrasi, Operator Pabrik, dll), melakukan lompatan keluar dari pekerjaan lama dan lari berkecimpung di dunia IT , baik sebagai tenaga professional IT diperusaah ataupun sebagai wirausaha IT/ enteprenur.

bambang suhartonoSedangkan dari Bapak Dedy selaku institusi perguruan tinggi lebih banyak menyampaikan mengenai kegiatan serta fasilitas yang ada di perguruan tinggi khususnya STMIK Insan Pembangunan yang ada dikawasan Lippo Karawaci, saat ini STMIK Insan Pembangunan yang berpusat di Jalan raya Gatot Subroto Km. 10 – Bitung Tangerang, mempunbambang suhartonoya 3 cabang yang , yaitu cabang Lippo Karawaci, Cabang Kampus Lepisi, dan cabang di Bekasi. Menyikpai banyaknya perguruan tinggi yang ada saat ini, Kampus STMIK Insan Pembangunan Lippo Karawaci membereikan matakuliah tambahan berupa mata kuliah terkait dengan Broadcasting (penyiaran), kalau saya melihat cukup menarik memang jika Perguruan Tinggi IT di combine dengan Brodcasting, karena dunia broadcasting tidak lepas dari kebutuhan Teknologi Informasi. Dan ini bisa dibuktikan dengan banyaknya respon yang masuk pada saat acara baik melalui BBM, email, SMS ke Redaksi siaran dan langsung diadakan sesi Tanya jawab dengan para nara sumber, selanjutnya nara sumber ke Tiga adalah Ibu Leoni, selaku praktisi Broadcasting lebih banyak menceritakan mengenai dunia broadcasting yang memang banyak membutuhkan tenaga-tenaga professional di IT seperti, pembuatan aplikasi,  penggunaan teknologi streaming radio, dll.

Untuk rekan-rekan pembaca, khususnya mahasiswa yang melakukan perkuliahan dibidang IT, banyak sekali pasar-pasar kerja yang bisa kita peroleh , baik bisa menjadi tenaga professional dibidang IT maupun menjadi seorang entrepreneur (wirausaha), Selamat berkarya….


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: