:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » SIRTII (Security Incident Respone Team on Internet Infrastructure) » Setidaknya lebih dari 200 juta komunikasi internet dimiliki NSA

Setidaknya lebih dari 200 juta komunikasi internet dimiliki NSA

prismMenurut Foreign Intelligence Surveillance Court, diketahui bahwa NSA mendapatkan lebih dari 250 catatan komunikasi internet di dunia. Semua ini didapat hanya dalam setahun, tepatnya 2011.

Seperti yang dilansir oleh The Verge (21/8), catatan ini disimpan lantaran NSA mendapatkan hak tersebut lewat peraturan FISA Amendments Act seksi 702. Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa NSA memang berhak untuk mengumpulkan segala bentuk komunikasi internet.

Adapun sebagian besar catatan komunikasi internet yang disimpan NSA berasal dari penyedia layanan yang tergabung dalam program PRISM. Ini merupakan 9 persen dari jumlah komunikasi internet yang ada di dunia.

Seperti diketahui, PRISM merupakan sebuah program yang dibuat oleh NSA untuk mengawasi segala gerak-gerik pengguna internet di Amerika Serikat. Beberapa layanan internet yang besar ternyata diketahui mengikuti program ini seperti Gmail, Facebook, Yahoo!, dan sebagainya.

Aksi ini mulai terbongkar ketika Edward Snowden berani muncul di hadapan publik. Dalam berbagai pernyataan, Snowden kerap menyampaikan bahwa pemerintah AS memata-matai penduduknya bahkan beberapa orang di dunia lewat program ini.

Referensi :


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: