:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » SEO and Internet Marketing » Bagaimana menggunakan Freeadwordstool, untuk menganalisa produk yang akan kita jual

Bagaimana menggunakan Freeadwordstool, untuk menganalisa produk yang akan kita jual

Internet marketing -bambangsuhartono.wordpress.comArtikel ini akan membahas mengenai lanjutan dari tulisan saya sebelumnya mengenai Manfaat penggunaan Internet untuk bidang Bisnis & perdagangan,   . sebelum lebih lanjut membahas mengenai tulisan ini ada baiknya rekan-rekan yang belum membaca mengenai tulisan tadi silahkan membacanya terlebih dahulu (agar nyambung🙂 ). Biasanya sebelum kita melakukan suatu perdagangan, baik perdangangan secara konsensional (tradisional – tidak menggunakan internet) maupun dengan menggunakan internet,sangatlah dianjurkan kita melakukan riset terhadap pasar, artinya kita ingin mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pasar, sehingga produk yang nantinya kita jual bisa laku, kalau dalam istilah pemasaran “diterima oleh pasar”, sehingga jika rekan-rekan ada yang ingin melakukan promosi terhadap produk yang akan jual apalagi dengan biaya yang cukup besar tidak salah.

Umumnya jika ingin melakukan riset pasar, cara yang paling umum digunakan adalah :
1. Survey langsung kelapangan, misalkan  datang ke pasar asemka (lokasi dijakarta – tempat penjualan grosir), ataupun tanah abang (khusus untuk baju), barang-barang mana yang paling banyak dicari oleh konsumen atau yang dijual oleh penjual/ pedangang.
2. Melalui majalah/ tabloid/ koran mengenai wirausaha, misalkan : peluang usaha, peluang bisnis , dll
3. Tanya melalui teman – saudara
4. Dan lain lain

Cara-cara diatas, adalah cara-cara tradisional / konvensional yang umum dilakukan dipasar. Nah , kali ini saya membahas mengenai cara pemanfaatan dengan menggunakan teknologi internet, khususnya penggunaan www.freeadwordstool.com .

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka browser, dan ketikan http://www.freeadwordstool.com
freeadwordstool -bambangsuhartono.wordpress.com

2. Setelah terbuka alamat tersebut, dilanjutkan dengan mengetikan , objek yang anda cari ,misalkan rekan-rekan ingin menjual Tas, oleh karena itu ketikan kata “Sepatu” pada kota isian Word or Phrase
3.  pada kotak isian website , masukan alamat sumber pencarian (defaultnya adalah google.com)
4. Pada kota Category, pilihlah jenis-jenis kategori dari produk tersebut, sebagai contoh saya mencoba memilih tas masuk kedalam category “All category”, jika rekan-rekan ingin spesifik bisa memilih salah satu diantaranya
5. Setelah itu klik tombol search, selanjutnya freeadwordstool.com akan melakukan pencarian terhadap kata-kata yang kita ketikan (dalam hal ini tas)
freeadwordstool - bambangsuhartono.wordpress.com

6. Langkah selanjutnya adalah bagaimana kita melakukan analisa terhadap proses pencarian tersebut, adapun yang perlu diperhatikan dalam analisa tersebut adalah sebagai berikut :
Kolom Keyword : adalah kata-kata yang berhubungan dengan produk yang akan jual, dalam hal ini, ditemukan sepatu bola, toko  sepatu, sepatu futsal, dll
Kolom competition : adalah kolom yang menjelaskan bagaimana jika produk kita nantinya akan berkompetisi dengan kata-kata yang ada, tergantung dari analisa Anda,
jika Low berarti Produk yang anda jual mempunyai tingkat persaingan/ kompetisi yang rendah , sedangkan untuk High berarti tingkat
persaingan dengan produk ini cukup berat karena sudah banyak yang menggunakan kata kunci ini, terutama dalam hal membuat keyword pada
produk online yang anda akan jual.  [Tips : carilah kata-kata keyowrd untuk  “Tag – keyword produk yang anda jual” pada kolom global monthly searches yang tinggi, sebagai contoh sepatu futsal=110.000, toko sepatu =165.000
Kolom Global monthly searches : digunakan untuk menganalisa pencarian yang sudah dilakukan oleh pengguna internet (diseluruh dunia) dalam 1 bulan, terkait dengan kata-kata yang ada pada kolom keyword, sebagai contoh keyword “Sepatu bola” dalam 1 bulan(rata-rata) pencarian sebesar 60.500 pencarian, keyword “toko sepatu” dalam 1 bulan (rata-rata) pencarian sebesar 165.000 pencarian.
Kolom Local Monthly searches : digunakan untuk pencarian yang sudah dilakukan oleh pengguna internet (yang ada diregional lokal), maksudnya lokal disini adalah yang berada di Indonesia

Dari penjelasan diatas semoga bisa membantu rekan-rekan, khususnya yang ingin/ sudah menggeluti dunia internet marketing, sekaligus saya mau sudahan dulu, karena mau sholat subuh 🙂


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: