:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » All about Wordpress » Bagaimana cara menangani Spam di WordPress

Bagaimana cara menangani Spam di WordPress

spamBermula dari beberapa domain yang saya kelola, akhir-akhir ini banyak dibanjiri oleh Spam yang masuk, baik ke Commentar ataupun Inbox yang membuat saya cukup lelah melakukan seperti menghapus, lalu memilih comment dan memasukan ke kategori Spam, tapi tidak pernah habis-habisnya (padahal saya selalu melakukan update, jika ada informasi update-an dari wordpress), bahkan pernah suatu waktu sampai menembus 7.780 komentar dalam waktu 1 minggu. saya lihat angka yang cukup fantastic untuk sebuah spam yang bekerja dengan angka seperti itu dalam waktu 1 minggu. Sudah pasti yang melakukan spammer tersebut bukanlah orang, tetapi mesin yang dibuat secara otomatis untuk mengirimkan spam-spam ke domain-domain yang sudah terdeteksi, biasanya berdasarkan widget-widget mempunyai beberapa kelemahan yang sudah diketahui oleh hacker, tetapi para developer widget ini tidak melakukan update. Ya akhirnya sepert ini deh, blog kita diserang habis-habisan oleh spam :).

Oleh karena itu saya coba melakukan riset untuk bagaimana agar Spam yang membuat kita kesal agar tidak masuk kedalam domain yang kita kelola,  berikut ulasannya   :

  1. Menggaktifkan Plugins Alkismet, anda tidak perlu pusing-pusing mencari pugins ini karena sudah terintegrasi kedalam Engine WordPress anda, kerena mungkin pembuat cms ini telah memperkirakan adanya serangan spam di form komentar yang ada di dalam wordpress anda. Untuk plugins alkismet ini kan terhubung dengan database  besar para spammer di wordpress pusat oleh karena itu anda akan diminta untuk memasukkan API Key guna memblok setiap komentar yang sudah di kenali sebagai spam. Databse spam ini berasal dari laporan para blogger yang menggunkan CMS wordpress ini, sehingga anda juga akan berkontribusi untuk memasukkan database spam di wordpress pusat jika menggunakan plugins alkismet ini. Langkah-langkah mengaktifkan plugins ini adalah sebagi berikut.
    • Masuk ke plugins area CMS wordpress anda
    • Pilih aktifkan Alkismet
    • Klik menu Akisment Configuration
    • Login ke dalam akun wordpress anda jika belum punya buatlah dulu
    • mengambil API key anda dari wordpress pusat (untuk mengetahui cara mendapatkan API key yang gratis, klik berikut 🙂 )
    • Masukkan API key anda dalam plugins alkismet anda

    Ok setalah itu berhasil maka anda akan bebas dari spam yang selama ini mengganggu anda.
    Memblok IP spammer dengan fasilitas IP deny dari cPanel. Dengan fasilitas ini maka si spammer akan tidak dapat mengakses web yang kita miliki karena di deny oleh hosting yang kita pakai dengan begitu si spammer juga ga akan bisa menyepam lagi. IP para spammer bisa di lihat di report komentar yang ada di CMS WordPress anda. Cara mengaktifkan IP deny ini adalah sebagai berikut:

    • Login dulu ke cpanel Hosting anda
    • masuk kedalam deny akses IP
    • masukkan IP yang anda ingin deny

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: