:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Information Technology » Liputan Pelaksanaan International Workshop on IT Security in Healthcare, 3-4 Juni 2013

Liputan Pelaksanaan International Workshop on IT Security in Healthcare, 3-4 Juni 2013

Setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang dengan panitia inti yang secara sukarela mulai dari perencanaan, sosialisasi dan promosi baik melalui social media,  APTIKOM, ID SIRTII , akhrinya pelaksanaan Internation Workshop on IT Security in Healthcare berlangsung dengan lancar. Pelaksanaan ini dimulai dari Kami team yang ada di Indonesia, diwakili oleh saya sendiri dan Pak Hadi Syahrial melakukan penjemputan rekan-rekan Komunitas dari Malaysia (Dr. Nurhizam, Prof. Dr. Zuraini Ismail, Dr. Yahya) serta rekan pembicara dari Iran (Seyed Motahar Mohamad, PHD) di Bandar Soekarno Hata, pada hari Minggu 2 Juni 2013.  Setelah bertemu secara singkat, akhirnya kami mengantarkan mereka ke peniapan Guest House di Apartment Gateway ,dekat tempat lokasi seminar yang berada di Universitas Budiluhur – Ciledug Jakarta Selatan.

Pada tanggal 3 Juni 2013, hari pertama  pelaksanaan Workshop tersebut berlangsung, dimulai pukul 9.20 WIB , dengan pertama-tama dibuka oleh Bpk. Hadi Syahrial, MM. M.Kom selaku Chairman dari HITS (Health IT Security Forum), dilanjutkan dengan sambutan  selamat datang  kepada para pembiacara, panitia serta pada peserta workshop yang berjumlah sekitar hampir 120 orang., dari Rektor Universitas Budi Luhur , Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D.

IMG01358-20130603-0935

Sambutan dari Rektor Univ. Budi Luhur Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D

sambutan oleh Chairman HITS Hadi Syahrial, MM.M.Kom

Setelah sambutan dari Rektor dilanjutkan sambutan oleh Ketua Program pasca Sarjana Univ. Budi Luhur, DR. Mudjiono, beliaupun juga memberikan kata sambutan yang hampir sama dengan Rektor Univ. Budi Luhur.  Hari pertama pada seminar ini , terbagi menjadi 2 sessi , yaitu sessi 1 dengan pembicara DR. Nurhizam yang menyampaikan bagaimana pentingnya mengenai kesehatan terutama kaitannya dengan IT. Beliau memaparkan lebih kearah kepada kesadarana “Awarenes” kepada para pengguna layanan kesehatan terutama transaksi yang banyak dilakukan pada dunia internet , terkait obat-obatan, karena banyak sekali konsumen memanfaatkan IT untuk kemudahan dalam pemesanan obat, tetapi sebenarnya tanpa disadari, banyak konsumen yang akhirnya terjebak akan jenis-jenis obat-obatan yang diragukan keasliannya (aspal=asli tapi palsu). Setelah DR. Nurhizam menyampaikan pemaparannya, dilanjutkan oleh Prof. DR. Zuraini Ismail, beliau memaparkan makalah mengenai aspek kesehatan dilihat dari regulasi – peraturan pemerintah, terutama yang berhubungan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dibidang kesehatan. Pembicara ke- 3 dilanjutkan oleh DR. Yahya, beliau juga memaparkan terkait mengenai proses / metodologi yang digunakan dalam  proteksi – privacy data, khususnya data-data pasien yang ada dirumah sakit,  adapun metodologi yang dilakukan terkait proteksi data tersebut adalah dengan menggunakan metode enkripsi maupun aplikasi.

Speaker 1 : Dr. Nurhizam

Speaker 1 : Dr. Nurhizam

Speaker 2 :Prof. DR.Zuraini Ismail

Speaker 2 :Prof. DR.Zuraini Ismail

Speaker 3 : DR. Yahya

Speaker 3 : DR. Yahya

Sessi ke-2 dimulai pada pukul 13.00, selaku pembicara ke 4 disini adalah Bpk. Riza Kurniawan, M.Si. Beliau selaku praktisi IT dibidang implementasi ERP Rumah sakit, dalam pemaparannya beliau banyak menjelaskan mengenai tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk implmentasi ERP di Rumah sakit, selain itu juga menceritakan mengenai pengalamannya terutama bagaimana kompleksitasnya melakukan implementasi ERP di Rumah Sakit, baik dari sisi tenaga operasional (perawat) sampai dengan pihak Management Rumah Sakit itu sendiri. Setelah pembicara ke 4 selesai, dilanjutkan dengan presentasi Workshop oleh Seyed Motahar Mohamad, beliau memaparkan mengenai teknis dari penggunaan aplikasi ERP dengan menggunakan apliakasi Tryton  framework  GNU Health. Penjelasan yang dilakukan lebih kearah bagaimana memanfaatkan open source tersebut untuk aplikasi pada dunia kesehatan.

Speaker 4 : Riza Kurniawan, M.Si

Speaker 4 : Riza Kurniawan, M.Si

IMG01369-20130603-1337

Speaker 5 :Seyed Motahar M, PHD

Acara diakhiri dengan foto bersama antara Pihak Universitas Budi Luhur, HITS (Health IT Security Forum dan para pembicara.) serta penanda tanganan deklararasi HITS Forum oleh para Member HITS

Deklarasi HITS Forum oleh Para Founder dan Member

Deklarasi HITS Forum oleh Para Founder dan Member

IMG01366-20130603-1203

Foto bareng Panitia HITS Forum dari kiri – kanan : Bambang Suhartono, Hadi Syahrial, Seyed Motahar, Riza Kurniawan, Lukas, Zuraini Ismail, Mudjiono, Wendy

Hari ke -2 tepatnya berlokasi di Universitas Atmajaya Jakarta, selaku tuan rumah dalam hal ini diwakili oleh DR. Lukas, beliau mempersilahkan Kami (Team HITS Forum) untuk mendiskusikan rencana Forum Internasional yang ke-2 tahun 2013 , dimana akan dilaksanakan di Surayabaya, untuk perencaan detail teknisnya akan di diskusikan lebih lanjut dalam forum group.

Sampai bertemu di Forum Internasional yang ke 2 di Surabaya.

Catatan :

Untuk materi presentasi bisa di download di http://www.healthitsecurity.org/?q=node/12


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: