:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Information Technology » Class Diagram (lanjutan UML=Unified Modeling Language)

Class Diagram (lanjutan UML=Unified Modeling Language)

object&classObject dan Class merupakan inti dari pemrograman berbasis object yang dalam UML dinyatakan dengan diagram kelas atau diagram object, lihat macam-macam diagram UML pada Pengenalan UML. Kebalikan dari subject, object berarti sesuatu yang menjadi bahan pembicaraan/manipulasi/pengolahan yang bersifat real ataupun konsep. Jika program yang akan dibuat perogram pendaftaran siswa, maka object kita adalah seorang siswa, contohnya siswa yang bernama Wati. Apabila ada siswa lain yang bernama Rudi, siswa ini pun termasuk object. Agar diperoleh penyimpanan data yang sistematis, kita boleh mengumpulkan object-object yang memiliki karakteristik yang hampir mirip dalam satu kelas, misalnya dalam kasus ini kelas mahasiswa. Apa syarat agar Wati dan Rudi tadi boleh dikelompokkan dalam satu kelas? Jawabannya adalah bahwa Wati, Rudi dan mahasiswa lainnya harus memiliki atribut dan operasi yang sama.

Ok, kalo sudah mengenal dan membedakan antara object dengan class kita masuk ke konsep atribute dan operation. Apakah ada perbedaan antara object sesungguhnya, misalnya Wati sebagai manusia, dengan Wati yang ditunjukkan pada program pendaftaran? Tentu saja berbeda. Akan tetapi Wati pada program penjualan sudah cukup untuk menggambarkan object Wati sebagai mahasiswa. Karena apa? Karena kita menambahkan atribute dan opeartion pada object Wati lewat class diagramny. Makin banyak attribute dan operation yang kita definisikan pada diagram class, makin dekat kemiripan antara Wati real dengan Wati dalam program. Untuk menunjukkan Wati kita bisa menambahkan attribute misalnya NIM, Nama Depan, Nama Belakang, Alamat, Tanggal Lahir, No. KTP dan sebagainya. Dalam program pendaftaran selain attribute di atas kita bisa menambahkan operasi pada diagram class-nya, misalnya Add(), Edit(), Delete(), Next(), Previous() dan sebagainya. Proses memindahkan object real ke dalam object model dikenal dengan istilah Abstraction.

Program berorientasi object sudah banyak beredar saat ini dibandingkan program terstruktur (untuk mengetahui perbedaannya lihat Pengenalan UML). Program seperti VB 6.0 sudah menyediakan pembuatan form-form yang identik dengan class pada UML. Misalnya kita membuat form siswa, maka kita berarti telah membuat class siswa. Attribute pada data base siswa dikombinasikan dengan command button VB (misal tambah(), edit(), save() dan sejenisnya) menghasilkan class siswa yang memiliki attribut dan operasi yang lengkap.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: