:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Information Technology » 12 Akuisisi Paling Heboh di Jagat Teknologi

12 Akuisisi Paling Heboh di Jagat Teknologi

Berbagai perusahaan teknologi sering melakukan akuisisi terhadap perusahaan yang lain. Baik yang bernilai kecil sampai miliaran dolar.

Misalnya Google yang dikenal mengakuisisi banyak perusahaan seperti YouTube atau Android. Dan juga Facebook yang belum begitu lama membeli layanan foto sharing Instagram.

Akuisisi dilakukan sebagai bagian dari strategi bisnis. Dan selalu menimbulkan risiko, kadang sukses atau malah berbuah kegagalan. Di mana perusahaan yang diakuisisi malah menjadi tenggelam.

Akuisisi apa saja yang dianggap paling menghebohkan di jagat teknologi? Berikut di antaranya seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber.
1. Microsoft Akuisisi 86-DOS

microsoftDalam upaya terakhir menyediakan IBM OS 16 bit untuk lini komputer personalnya, Bill Gates dan Paul Allen selaku pendiri Microsoft memutuskan membeli QDOS atau 86 DOS dari Seattle Computer Product.

Jumlah uang yang dibayar senilai USD 25 ribu. Beberapa saat kemudian, keduanya menambah jumlah pembelian USD 50 ribu sehingga Microsoft berhak memiliki sepenuhnya 86-DOS.

Akuisisi ini memungkinkan Microsoft melisensi software PC sendiri yang kemudian menjadi Windows. Yang berkembang menjadi OS komputer PC terpopuler di dunia.

 

2. Apple Akuisisi Next

applePada dekade 1990-an, Apple mengalami masa keterpurukan di bawah kendali CEO John Scluley. Apple pun berupaya menarik sang pendiri, Steve Jobs, agar kembali menakhodai perusahaan.

Caranya dengan membeli perusahaan komputer Next pada tahun 1997 senilai USD 404 juta. Next adalah perusahaan yang didirikan Jobs sesudah dibuang Apple.

Langkah ini terbukti sangat manjur. Selain teknologi Next menjadi pondasi komputer Apple generasi selanjutnya, kembalinya Steve Jobs membuat Apple mengalami masa kejayaan yang berlangsung sampai sekarang.

3. Microsoft Akusisi Hotmail

hotmailPada tahun 1997, Microsoft mengakuisisi Hotmail, layanan email besar kala itu. Nilai akuisisi mencapai USD 400 juta yang masuk kategori lumayan tinggi.

Hotmail kemudian menjadi layanan email terbesar selama lebih dari satu dekade. Sejak diakuisisi Microsoft, jumlah pengguna dan web trafik ke Hotmail memang meningkat lumayan pesat.

Hotmail pun diintegrasi dengan aplikasi web Microsoft seperti Windows Live Messenger dan SkyDrive. Sayangnya, Hotmail saat ini dalam tahap ditutup, digantikan dengan Outlook.

 

4. Hewlett Packard Akuisisi Compaq

hpBulan Mei 2002, Hewlett Packard mengakuisisi Compaq yang juga produsen komputer PC dengan nilai akusisi sebesar USD 25 miliar.

Akuisisi pada Compaq terbukti sangat sukses bagi HP. Kombinasinya dengan Compaq menjadikan HP sebagai produsen komputer terbesar di dunia dalam soal volume penjualan, mengalahkan jagoan sebelumnya, Dell.

Sampai saat ini, merek komputer Compaq masih dijual oleh HP. Meskipun industri PC mereka semakin terancam oleh popularitas tablet dan smartphone.

 

5. eBay Akuisisi PayPal

ebay

Setelah gagal dengan layanan transfer uangnya yang dinamakan Billpoint, situs e-commerce eBay melirik PayPal. Pada Oktober 2002, PayPal dibeli eBay sepenuhnya senilai USD 1,5 miliar.

PayPal memang memudahkan operasional bisnis eBay. Dimana konsumen bisa membayar secara online barang di eBay melalui layanan PayPal tersebut.

Merger dengan PayPal terbukti menjadi salah satu langkah eBay yang paling sukses. Pada tahun 2012, 40% pendapatan eBay diperoleh dengan peran PayPal.

6. Google Akuisisi Android

google android

Akuisisi Google pada sistem operasi Android berbuah sangat manis. Dalam waktu singkat, saat ini Android adalah sistem operasi mobile terpopuler di dunia.

Google memutuskan membeli perusahaan start up Android dari pria bernama Andy Rubin pada bulan Agustus 2005. Nilai akuisisi ini meski tak diumumkan, diperkirakan sebesar USD 50 juta.

Saat ini, sekitar sejuta perangkat Android diaktivasi setiap harinya. Sehingga diprediksi kekuasaan OS Robot Hijau di jagat mobile masih akan berlangsung lama.

 

7. Lenovo Akuisisi Divisi PC IBM

ibm

Tahun 2005, IBM berniat melepas divisi PC-nya untuk berkonsentrasi penuh pada bisnis enterprise. Akhirnya, divisi PC IBM dibeli oleh vendor asal China, Lenovo.

Nilai pembelian sebesar USD 1,75 miliar. Awalnya, banyak yang meragukan akuisisi Lenovo ini akan berbuah pada kesuksesan.

Namun Lenovo nyatanya sukses membangkitkan bisnis PC IBM yang dikenal dengan sebutan ThinkPad. Hanya dalam 3 tahun, pendapatan melonjak mencapai USD 15 miliar dari awalnya USD 3 miliar.

 

8. Disney Akuisisi Pixar

disney

Pixar menjulang namanya sebagai produsen film animasi berteknologi tinggi di film Toy Story. Pixar yang awalnya juga dipimpin Steve Jobs ini menarik perhatian Disney.

Akhirnya pada tahun 2006, Disney membeli Pixar senilai USD 7,4 miliar. Langkah akuisisi ini semakin membuat nama Pixar berkibar.

Deretan film animasi berkualitas pun tidak henti dihasilkan Pixar dalam kolaborasinya bersama Disney. Sebut saja Cars, Ratatouille, Up, ataupun Wall E yang sukses secara komersial maupun kualitas.

 

9. AMD Akuisisi ATI Technologies

ati

AMD membeli perusahaan spesialis grafis ATI Technologies senilai USD 4,3 miliar di tahun 2006. Langkah ini cukup banyak dikiritik pada awalnya.

Namun kemudian, konsep menggunakan prosesor grafis untuk meningkatkan kemampuan CPU menjadi perhatian banyak produsen hardware. AMD pun mengembangkan prosesor yang memakai teknologi ATI dan grafis terintegrasi.

Bisnis AMD terbukti makin berkembang dengan akuisisi ATI. Mereka menjadi salah satu pemimpin industri dalam teknologi GPU (Graphic Processing Unit

 

10. Google Akuisisi YouTube

youtube

Google memutuskan untuk membeli YouTube pada tahun 2006. Nilai akuisisi waktu itu senilai USD 1,65 miliar.

YouTube terus menjadi website berbagi video terpopuler di dunia. Dan akhirnya menjadi sumber pendapatan yang penting bagi Google.

Google dilaporkan meraih pendapatan sekitar USD 1 miliar per tahun dari YouTube. Antara lain dari pemasukan iklan yang tayang sebelum video diputar pengguna.

 

11. Facebook Akuisisi Instagram

facebook

Instagram menuai popularitas dalam waktu singkat. Layanan sharing foto ini disukai antara lain berkat adanya berbagai fitur filter yang menarik.

Facebook pun merasa tersaingi Instagram. Sehingga mereka memutuskan untuk membelinya saja pada April 2012 dengan nilai USD 1 miliar.

Instagram telah memiliki sekitar 100 juta pengguna. Menjadikannya sebagai aset yang penting bagi Facebook dalam megintegrasikan layanannya.

 

12.Google Akuisisi Motorola

motorolla

Bulan Agustus 2012, Google melakukan aksi bisnis yang cukup mengejutkan. Yaitu membeli produsen ponsel Motorola Mobility dengan nilai USD 12,5 miliar.

Apa yang menjadi alasan Google membeli Motorola dengan nilai sangat tinggi? Para pakar teknologi menilai Google ingin memiliki paten mobile Motorola Mobility yang melimpah.

Google juga ingin menjadi produsen hardware berkualitas dengan mengandalkan Motorola. Handset Android super bernama Motorola X kabarnya siap mereka luncurkan.

 

Referensi :


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: