:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Information Technology » Tips & Trik memilih domain

Tips & Trik memilih domain

Ketika Anda membeli sebuah nama domain, maka sebenarnya Anda telah berinvestasi kedalam suatu hal yang tentu saja Anda ingin mendapatkan hasil dari investasi tersebut.

Nama domain merupakan salah satu hal yang sangat penting karena nama domain merupakan brand bagi bisnis Anda dan juga menjadi identitas bisnis Anda dalam dunia internet. Memilih nama domain yang baik, tepat dan sesuai dapat dibandingkan dengan membangun pondasi pada bisnis Anda, karena nama domain Anda mencerminkan bisnis Anda. Domain juga dapat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda, pemilihan domain yang tepat tentu saja akan meningkatkan kemajuan bisnis Anda tetapi demikian pula sebaliknya.

Ada banyak orang yang menjalani bisnis dengan menjual dan membeli nama domain. Jika Anda membutuhkan sebuah domain, Anda harus bisa memilih domain yang tepat bagi bisnis Anda, yang bernilai dan yang mencerminkan bisnis Anda, karena domain adalah investasi bagi Anda.

Berikut ini adalah 5 faktor penting yang harus Anda perimbangkan ketika Anda akan membeli nama domain yang bagus untuk bisnis Anda.

1. Menentukan Panjang Nama Domain

Kesan pertama ataupun image dari pelanggan maupun pengunjung adalah segalanya dalam sebuah bisnis. Panjang nama domain juga berpengaruh terhadap pencitraan bisnis kita. Meskipun tentu saja reputasi sebuah bisnis sangat bergantung pada banyak hal lainya dan nama domain hanyalah salah satu diantaranya tetapi nama domain merupakan salah satu hal maupun aspek yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis.

Nama domain yang pendek akan sangat membantu Anda, karena pengunjung maupun pelanggan Anda akan dengan mudah mengingatnya. Apalagi jika Anda mampu mendapatkan domain dengan panjang satu kata, maka akan lebih mudah bagi para pencari informasi di internet untuk mengingat nama domain Anda.

Sebagai contoh, akan lebih mudah bagi seseorang untuk mengingat nama money.com jika dibandingkan dengan mengingat getmoneypaid.com. Nama yang pendek yang mampu mendeskripsikan tentang bisnis Anda merupakan nama yang ideal. Nama domain yang pendek juga dapat mencegah nama domain Anda di singkat oleh system shortening url ketika orang-orang men-tweet domain Anda.

2. Gunakan Domain Yang Mengandung Keyword

Nama domain yang Anda pilih akan lebih efektif jika nama  domain tersebut menggambarkan produk, jasa mapun bisnis yang Anda tawarkan. Apapun market maupun segmen yang menjadi target pemasaran produk maupun bisnis Anda, Anda perlu untuk mendapatkan keyword yang sesuai dengan niche, topik maupun segmen yang menjadi target bisnis Anda.

Anda perlu melakukan riset dan analisa tentang keyword maupun kata kunci yang tepat dan sesuai dengan niche maupun topik Anda. Misalnya jika Anda berniat untuk menjual produk yang membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus mencari nama domain yang mengandung unsur maupun kata-kata “berat badan” ataupun “menuruntkan berat badan”

3. Memahami Level Nama Domain

Ketika Anda akan membeli nama domain, Anda harus memilih Top Level Domain atau yang lebih sering disingkan dengan nama domain TLD. Ada banyak domain TLD maupun domain dengan level tertinggi, tetapi ekstensi domain tebaik yang sebaiknya kita gunakan adalah domain dengan ekstensi .com, .net dan .org. Ekstensi domain .com adalah yang terbaik jika Anda menargetkan pasar internasional. Tetapi jika Anda memiliki target pasar lokal, Anda bisa menggunakan ekstensi domain .co.id maupun domain .web.id.

4. Jangan Ada Angka dan Tanda Hubung pada Nama Domain

Nama domain yang Anda pilih harus tanpa tanda hubung maupun angka. Jika Anda membeli nama domain yang mengandung angka, maka Anda juga harus membeli domain lain yang menerjemahkan arti angka pada domain yang telah Anda beli. Misalnya, jika Anda membeli domain 1buku.com maka Anda sebaiknya juga membeli nama domain satubuku.com hal ini untuk menutupi kemungkinan orang lain membeli domain sesuai dengan ejaan domain yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki keduanya, Anda juga akan terhindar dari komplain yang mungkin dilontarkan oleh pengunjung maupun pelanggan Anda karena dua domain tersebut memiliki ejaan baca yang sama.

5. Usia Nama Domain – Makin Tua Makin Mantab

Semakin tua usia domain, kemungkinan akan lebih baik bagi bisnis Anda. Domain yang berusia tua biasanya lebih memiliki nilai “trust” dimata search engine, jadi kemungkinan akan mendapatkan hasil SERP atau paringkat yang lebih baik dalam search engine. Sebuah domain yang telah berusia tua atau telah lama ada kemungkinan besar telah memiliki reputasi yang bagus dimata search engine atau mesin pencari dan kemungkinan besar juga telah memiliki backlink yang telah melekat pada domain tersebut.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: