:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Kesehatan » Kombucha , Jamur Tea yang sangat berkhasiat

Kombucha , Jamur Tea yang sangat berkhasiat

kombuchaPada hari Kamis, tepatnya tanggal 17 Januari 2013 yang lalu, ceritanya saya berencana meeting di Gedung sampoerna di daerah sudirman serta Kuningan City, tapi ternyata pada saat mau masuk karang tengah sudah terlihat macet dan pada saat saya membayar tiket Tol,  saya menanyakan ke petugas penjaga tol , ternyata kemacetan disebabkan karena banjir di daerah Grogol-Trisakti. Akhirnya saya memutuskan ke client untuk menudan jadwal meeting tersebut dan saya putar arah ke daerah serpong untuk mengurus beberapa urusan.

Saya mampir ke plasa serpong ternyata  ada pameran flora fauna. Saya berhenti pada satu stand yang bernama Kombucha, yaitu sejenis jamur teh, kebetulan yang menjual saya lihat memang pakar dibidang Kombucha, Bpk. Hosea Halim (0812.8312414/ 021.88961170) namanya  menampilkan beberapa toples kombucha mulai dari ukuran kecil sampai dengan ukuran besar. Saya banyak berdiskusi mengenai kombucha tersebut, ternyaa Pak Hosea menjelaskan dengan sangat baik sambil menunjukan buku terbitan gramedia yang membahas mengenai kombucha. Secara general manfaat kombucha yang saya lihat dari buku & penjelasan tersebut sangat banyak sekali mulai dari sakit kuning, imsomnia, asma dan batuk, bisul dan jerawat, detoxifikasi (mengeluarkan racun dalam tubuh), kanker, batu ginjal, diabetes, kolesterol, penyakit jantung, amandel, mag, ambein, penuaan kulit, luka bakar dan masih banyak lagi. Sampai pada akhirnya saya memutuskan membeli satu toples sedang Kombucha dengan harga Rp. 200.000 (harga aslinya Rp. 300.000). Sudah hampir 5 hari saya meminum kombucha, mungkin orang yang tidak terbiasa akan “eneg” meminumnya, karena terasa seperti kecut atau kalau seperti minuman yang sudah difermentasi (yoghurt).

Untuk kali ini saya mencoba sharing mengenai kombucha, dimana artikel ini saya dapatkan dari beberapa referensi, yang mungkin saja berguna minimal bagi diri saya, keluarga dan mungkin juga rekan-rekan yang lain.

Jamur Kombucha dibiakkan di dalam larutan teh. Karena merupakan hasil fermentasi, maka rasa minuman kombucha ini seperti minuman berakohol. Semakin lama proses fermentasinya akan lebih terasa keasamannya. Karena keasamannya itu, ada juga orang yang tak tahan meminumnya.

Khasiat yang diklaim banyak, termasuk antiradang, termasuk untuk rematik, alergi, pegel linu, dan lain – lain. Bahkan bisa untuk membantu terapi kanker.

Efek kesehatan ini deperolah karena mikroorganisme (ragi dan bakteri baik) yang ada dalam jamur kombucha itu akan mengolah dan memperkaya kandungan gula di dalam teh manis dan menghasilkan berbagai jenis asam, seperti : asam asetat dan glukuronat, asam laktat dan asam karbonat, juga asam folat, juga berbagai mineral. Semua asam itu punya peran positif dalam tubuh, seperti menangkal racun, mengatur kestabilan pH darah, serta memperbaiki produksi hormon dalam tubuh. Selain itu, proses fermentasi jamur kombucha juga mengahsilkan beberapa vitamin dan alkohol. Secara umum bisa dikatakan ahwa manfaat kombucha bukanlah mengobati secara langsung pada penyakit tapi lebih  untuk memperbaik sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, jika anda ingin mencobanya sebaiknya di bawah pemantauan medis atau dokter yang menangani penyakit anda, untuk memastikan efektif atau tidaknya kombucha itu bagi penyakit anda.
Referensi:


2 Comments

  1. Sayang sekali pengetahuan masyarakat Indonesia tentang Kombucha ini sangat jauh tertinggal dengan negara-negara lain, padahal Kombucha sangat baik untuk baik untuk kesehatan dan harganya pun sangat terjangkau. Oleh karena itu dengan berbekal pengalaman mengkonsumsi Kombucha selama hampir 12 tahun, saya mencoba menulis secara detail di blog yang 100% membahas tentang Kombucha. Silahkan mampir ke http://indokombucha.com dan http://facebook.com/indokombucha.
    Ditunggu kedatangan dan komentarnya🙂

  2. REVIEW penggunaan Kombucha (setelah hampir 3 bulan)

    Kebetulan saya termasuk orang yang sudah mengenal konsep detoksinasi serta melakukan konsep detoksinasi (pembuangan racun) 2 tahun yg lalu, dulu saya menggunakan herbal produk Melilea, hasilnya sangat luar biasa (detok) yg ada pada tubuh saya keluar (dgn beberapa cara , baik melalui Buang air besar, air kecil, keringkat, maaf (kentut), tetapi harganya lumayan mahal jika kita konsumsi kalau tdk salah 2 thn yg lalu harga u/ 500 gr saya beli sekitar 500 ribuan (harga dari tema yang ikut MLM Herbal), tapi saya 1 tahun terakhir tidak menggunakan,karena saya coba menggunakan detoksinasi jeruk nipis (yg hampir ) saya lakukan setiap hari, walaupun harganya murah (beli jeruk nipis dan diperas setiap hari), tapi bagi saya yang cukup merepotkan adalah memerasnya, karena kita harus melakukan pemerasan secara berkala (manual), tetapi setelah saya menggunakan kombucha, hasilnya pun juga sangat luar biasa ketubuh saya, proses detoksinasi berjalan lancar, ini bisa dilihat dari proses detoksinias yang sama saya lakukan dengan produk Melilea, tapi enaknya kita menggunakan kombucha, menurut saya biayanya nya cukup murah (cukup membeli 1 x) dan yang pasti kita tidak perlu repot-repot lagi seperti yang saya lakukan diatas (membeli herbal baru (melilea) ataupun membeli jeruk nipis), semoga dengan repply -an posting ini bisa membantu rekan-rekan yang ingin mencari solusi detoksinasi yang murah dan tidak merepotkan bagi diri kita. Selamat mencoba, untuk Indo Kombucha (Pak Arsenius Sutandio) saya juga mengucapkan terima kasih atas respon postingan dari saya juga sudah membaca artikel-artikel dari alamat Bapak, dengan informasi dari alamat Bapak, bisa membantu terutama bagi rekan-rekan yang ingin menginginkan hidup sehat dengan proses detoksinasi yang aman.

Leave a Reply

