:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » SEO and Internet Marketing » Bagaimana Cara Ganti WordPress Ke Domain Sendiri

Bagaimana Cara Ganti WordPress Ke Domain Sendiri

Mengganti blogspot ke domain berbayar

Bagaimana cara ganti blogspot ke domain sendiri? – Bagi anda yang ingin memakai domain premium tapi tidak ingin direpotkan dengan masalah hosting, maka ini adalah cara yang patut anda coba. Yaitu dengan membuat blog pada sebuah blog provider gratis seperti blogspot, kemudian ganti alamatnya dengan domain kepunyaan anda sendiri.

Caranya sangat mudah, anda tinggal mencari sebuah nama domain untuk mengganti nama blog anda saat ini. Tapi sebelumnya perlu anda ketahui, bahwa Top Level Domain (TLD) seperti com, dan net itu lebih mahal daripada Country Top Level Domain seperti web.id.

Walaupun demikian saya sangat menyarankan untuk tetap mengambil nama domain dengan akhiran .com, karena berbagai pertimbangan.Lebih detail tentang memilih nama domain bisa saudara baca pada artikel Bagaimana memilih nama domain terbaik.
Lalu bagaimana cara untuk mengganti nama blog blogspot ke nama domain sendiri? Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti 3 tahapan berikut ini:

TAHAP 1 MEMBELI NAMA DOMAIN

Anda bisa memilih satu dari sekian banyak layanan untuk membeli nama domain. Sebut saja beberapa di antaranya seperti rumahweb.com dan eazysmart.com. Anda tinggal mengunjungi website tersebut, kemudian pilih layanan DOMAIN REGISTRATION. Setelah itu silahkan daftarkan nama yang sudah anda persiapkan.
Perlu diperhatikan bahwa anda hanya ingin mengganti nama domain, dan anda tidak butuh layanan hosting file. Dengan demikian biaya yang anda butuhkan hanyalah di kisaran 100 ribu rupiah. Jika anda bingung bagaimana cara untuk memesan nama domain tanpa memesan paket hosting, maka ada baiknya anda menghubungi Customer Service bersangkutan via Yahoo! Messenger, telepon, atau Live Chat pada link yang tersedia di Homepage website tersebut.
Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang paling sederhana sekalipun. Beritahu saja bahwa anda baru pertama kali hendak mencoba mengganti nama domain, tapi tidak butuh hosting. Mereka pasti akan membantu tahap demi tahap.Setelah anda menyelesaikan pemesanan, biasanya detail pemesanan akan dikirimkan ke alamat e-mail yang digunakan untuk mendaftar. Anda tinggal mentransfer biaya pembelian domain ke nomor rekening yang diberikan. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi ke penyedia layanan setelah melakukan transfer biaya pembelian.

Harus konfirmasi ke mana? Coba lihat di e-mail anda, atau di website penyedia layanan dan cari link PEMBAYARAN untuk petunjuk konfirmasi. Jika masih bingung juga, jangan ragu untuk menghubungi customer service sekali lagi.Jika pembayaran telah dikonfirmasi, biasanya admin akan segera mengaktifkan nama domain anda. Anda akan diberikan username ataupun password. Ada juga layanan yang tidak memberikan username ataupun password, dan dengan demikian anda bisa melangkahi tahap 2 di bawah dan langsung menuju tahap 3.

Perhatian: Terkadang dibutuhkan waktu sehari penuh untuk resolve nama domain hingga benar-benar aktif, jadi harap bersabar.

TAHAP 2 MENGATUR SETELAN NAMA DOMAIN

  • Silahkan masuk dengan menggunakan username dan password ke http://domcpanel.rumahweb.com. Username yang anda gunakan adalah email anda. Sedang untuk passwordnya ikuti password pemberian Rumahweb. Kalau lupa, tinggal klik forgot password, maka anda akan dikirim email dengan password baru.
  • Selanjutnya klik Manage Orders, lalu pilih List/Search Orders => klik domain yang akan diedit.
  • Klik DNS Management => klik Manage DNS
  • Klik CNAME Records -> klik Add CNAME Records
Akan ada form untuk anda isi. Ikuti petunjuk berikut ini:
  • Pada Host Name isi dengan: www
  • Sedangkan untuk Value diisi dengan ghs.google.com (kasih tanda tik pada lobang kedua)
  • Klik Add Record. Selesai. (lihat contoh gambar di bawah)
cara ganti blogspot ke domain sendiri

TAHAP KETIGA SETTING BLOGGER.COM

Penjelasan untuk tahap ketiga ini mengikuti tampilan interface terbaru dari blogger.com. Jadi silahkan melakukan upgrade interface jika anda masih memakai tampilan blogger.com yang lama.
  1. Login ke Blogger.com
  2. Klik SETELAN, lalu pilih sub menu DASAR
  3. Pada Alamat Blog klik +Tambahkan domain khusus lalu klik Alihkan ke setelan lanjutan
  4. Pada “Setelan lanjutan” masukkan nama subdomain Anda. Contoh: http://www.namadomainbaruku.com
  5. Klik Simpan.
  6. Selesai

Jika anda melakukan semua tahapan di atas dengan benar, maka dalam waktu sekitar dua hari blog blogspot anda sudah akan terganti menjadi domain sendiri.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: