:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » SIRTII (Security Incident Respone Team on Internet Infrastructure) » Peretas komputer militer AS tidak diekstradisi

Peretas komputer militer AS tidak diekstradisi

Gary McKinnon menderita asperger, suatu bentuk autisme.

Pemerintah Inggris memutuskan bahwa peretas komputer warga Inggris, Gary McKinnon, tidak akan diekstradisi ke Amerika Serikat untuk disidangkan terkait pembobolan jaringan komputer militer Amerika.

Menteri Dalam Negeri Inggris Theresa May mengatakan kepada parlemen bahwa dia memblokir ekstradisi karena ada risiko McKinnon akan melakukan bunuh diri bila dikirim ke Amerika Serikat.

McKinnon, 46, mengalami suatu bentuk autisme yang disebut sindrom Asperger.

“McKinnon dituduh melakukan tindak pidana serius, tetapi tidak diragukan lagi bahwa dia sangat sakit,” kata Theresa May pada Selasa (16/10).

Menteri Dalam Negeri mengatakan ekstradisi ke Amerika Serikat melanggar hak asasi McKinnon.

Alasannya, tenaga medis yang menangani McKinnon yakin ada risiko tinggi pria tersebut akan melakukan bunuh diri bila dia diekstradisi.

“Saya menyimpulkan bahwa ekstradisi McKinnon akan meningkatkan risiko dia mengakhiri hidupnya dan keputusan ekstradisi akan melanggar hak asasi McKinnon,” jelas Theresa May.

Dokumen UFO

Kini penuntut Inggris, lanjut May, akan memutuskan apakah akan menempuh jalur hukum terhadap peretas itu lewat pengadilan di Inggris.

Pengacara McKinnon, Karen Todner, menyambut keputusan pemerintah Inggris.

“Saya menyampaikan penghargaan kepada menteri dalam negeri atas keberaniannya. Tidak diragukan lagi dia menghadapi tekanan luar biasa untuk mengambil keputusan ini,” kata Todner.

“Saya selalu mengatakan bahwa Gary seharusnya diadili di sini. Tetapi mungkin Jaksa Agung mempertimbangkan bahwa Gary telah banyak menderita,” tambahnya.

Jaksa penuntut Amerika Serikat mengatakan McKinnon menyebabkan kerugian ratusan ribu dolar. McKinnon ditangkap di London pada 2002 karena meretas puluhan komputer Departemen Pertahanan dan badan ruang angkasa, NASA.

Akibat tindakannya, sekitar 300 komputer di pangkalan Angkatan Laut Amerika lumpuh tidak lama setelah serangan teror pada 11 September 2001.

Gary McKinnon membantah telah meretas komputer dan menegaskan dia hanya mencari dokumen-dokumen tentang UFO.

Referensi :


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: