:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » SIRTII (Security Incident Respone Team on Internet Infrastructure) » Awas Tertipu Aplikasi Pengisi Baterai dengan Tenaga Surya

Awas Tertipu Aplikasi Pengisi Baterai dengan Tenaga Surya

Aktivitas di dunia aplikasi ponsel pintar sangat ramai. Hal ini mengakibatkan cukup banyak scammer yang masuk ke sana dengan beragam jenis serangan dan penipuan yang dilancarkan. Beberapa di antaranya bahkan sangat sulit dipercaya.

Sebagian besar pengguna ponsel pintar tahu bahwa daya tahan baterai merupakan masalah yang tak ada habisnya. Penggunaan daya yang besar pada CPU dan layar LCD yang besar dan terang, ditambah dengan pemakaian yang sering, memerlukan daya baterai yang memadai agar pengguna beraktivitas dengan ponsel sepanjang hari.
Kondisi ini mencetuskan sejumlah varian aplikasi yang ditujukan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa aplikasi yang menawarkan update status ketahanan baterai dan memberitahu Anda saat baterai Anda semakin berkurang.

Namun yang tidak dapat dipercaya adalah adanya sejumlah aplikasi yang konon dapat mengubah layar ponsel Anda menjadi pengisi baterai dengan tenaga surya.

Symantec Intelligent Report bulan ini menyoroti satu aplikasi yang mengklaim dapat mengubah layar perangkat Anda menjadi panel tenaga surya yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai ketika terkena sinar matahari. Tapi yang sebenarnya terjadi adalah upaya pencurian data kontak dari ponsel Anda!

Menurut data Symantec, rasio global virus yang berasal dari email di trafik adalah 1 dalam 211,1 email di bulan September, atau meningkat sebesar 0,04% dibandingkan dengan 1 dalam 233,1 email di bulan Agustus.

Tidak jauh berbeda, rasio virus yang berasal dari email di trafik email di Indonesia juga meningkat menjadi 1 dalam 430,4 email di bulan September, dibandingkan dengan 1 dalam 609,0 di bulan Agustus.

Sementara rasio global spam dalam trafik email meningkat sebesar 2,9% sejak bulan Agustus, menjadi 75,2%. Tidak jauh berbeda, rasio spam Indonesia dalam trafik email meningkat sebesar 2,5% poin sejak Agustus 2012, menjadi 74,4%.

Referensi :


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: