:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » Tips & Trik » Merebaknya Spam dari Account Email Yahoo (.co.id dan .com)

Merebaknya Spam dari Account Email Yahoo (.co.id dan .com)

Beberapa hari (minggu) ini account email saya di gmail dan yahoo banyak sekali mendapatkan spam. Kalau dari alamat email yang tidak jelas mungkin ini sudah biasa, dan otomatis sudah masuk folder spam. Tetapi kali ini spam terkirim dari email teman-teman yang dikenal dan setelah dicek ternyata semua berasal dari account Yahoo, baik yahoo.co.id, co.uk atau yahoo.com. Spam ini tanpa judul (no subject) dan berisi link dari domain wordpres.us, wordpres.me dan terakhir amazones.asia.

Awalnya link spam yang terdapat di email merupakan link acak dengan domain wordpres.us, selanjutnya mulai wordpres.me dan terakhir email spam masih membanjir dengan domain amazones.asia. Link di email ini menggunakan username pemilik email, misalnya :

Jika link tersebut di klik, maka akan membuka website lain, yang bisa jadi berisi penawaran produk-produk tertentu seperti viagra atau akan menjalankan program berbahaya seperti malware dan sebagainya. Sehingga jika mendapatkan email yang berisi link-link tersebut langsung di hapus saja.

Awalnya saya langsung menghapus dan menandai (mark) sebagai spam, tanpa melihat dari siapa email ini terkirim, selain itu juga karena isi email tidak jelas (hanya berupa link saja). Tetapi lama-kelamaan setelah saya cek asal email ini, ternyata dari account email teman yang valid (bukan email-email yang biasa mengirim spam).

Sampai saat ini saya mencoba mencari informasi di google, tetapi belum mendapatkan informasi yang jelas tentang sebab dan cara mengatasi hal ini. Hanya mendapatkan saran bagi pemilik account email Yahoo, baik yahoo.co.id, yahoo.co.uk atau yahoo.com untuk berhati-hati dan melakukan hal-hal seperti :

  • Cek email terkirim, apakah ada email aneh yang terkirim tanpa sepengetahuan kita
  • Cek kembali password email kita, sebaiknya password diganti dengan yang lebih aman, silahkan membaca Tips Membuat Strong Password
  • Selain password, ganti juga Secret Question serta jawabannya
  • Scan komputer dengan software anti malware, seperti Malwarebytes atau Spybot Search and Destroy
  • Jika terdeteksi ada email terkirim tanpa sepengetahuan kita dan isinya spam, sebaiknya mengirimkan email permintaan maaf akan email tersebut.
  • Jika perlu ganti account dengan account email baru.
  • Jangan membiarkan alamat email tersebar di publik atau di website yang reputasinya tidak bagus.

Jika ada teman-teman yang menemukan informasi lebih detail berkaitan dengan spam email ini, silahkan turut berkontribusi dengan menuliskan di komentar.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: