:. Bambang Suhartono' Blog .:

Home » Kategori Pilihan » A Cup of Cofee - Berbagi Cerita » Sesuatu Tidak Selalu Kelihatan Sebagaimana Adanya

Sesuatu Tidak Selalu Kelihatan Sebagaimana Adanya

Apa yang kita pikir sebagai sebuah kebenaran atas sebuah kejadian belum tentu benarsebelum sebuah peristiwa dilihat secara utuh dan menyeluruh. Terkadang kita melihat suatu peristiwa sebagai kerugian dan kemalangan ketika kita melihat dari satu sisi, namun ketika semua peristiwa dapat dilihat, barulah mata hati kita terbuka dan baru menyadari bahwa sebetulnya apa yang kita anggap kerugian adalah berkah bagi keselamatan atau kesuksesan kita.

Berikut  adalah suatu ilustrasi yang dapat membuka penglihatan kita dan pemahaman kita mengenai bagaimana seharusnya kita memandang dan memahami peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita.

Suatu hari ada dua malaikat berkunjung ke rumah satu keluarga yang cukup kaya.  Namun keluarga itu memiliki perilaku yang sangat kasar dan tidak mengijinkan kedua malaikat itu bermalam di ruang tamu yang ada di rumahnya. Malahan kedua malaikat tersebut ditempatkan pada sebuah kamar berukuran kecil yang ada di lantai dasar. Ketika malaikat itu hendak tidur, malaikat yg lebih tua  melihat bahwa lantai kayu kamar itu pecah hampir terbelah dua. Kemudian malaikat itu memperbaikinya sehingga retak pada lantai basement itu hilang sama sekali. Ketika malaikat yg lebih muda melihat itu, ia bertanya  mengapa ia melakukan hal itu, malaikat yg lebih tua menjawab: “Sesuatu tidak selalu kelihatan sebagaimana adanya”.

Malam berikutnya, kedua malaikat itu beristirahat di rumah seorang petani dan istrinya yang miskin tetapi sangat ramah.   Setelah membagi sedikit makanan yang ia punyai, petani itu mempersilahkan kedua malaikat untuk tidur di kamar utama mereka. Ketika matahari terbit keesokan harinya, malaikat menemukan bahwa petani itu dan istrinya sedang menangis sedih karena sapi mereka yang merupakan sumber pendapatan satu-satunya bagi mereka terbaring mati. Malaikat yg lebih muda merasa geram.  Ia bertanya kepada malaikat yg lebih tua:  “Mengapa kau membiarkan hal ini terjadi?    Keluarga yg pertama memiliki segalanya, tapi engkau menolong menambalkan lantai kayu yang pecah sehingga bagus kembali.  Keluarga ini hanya memiliki sedikit tetapi walaupundemikian mereka bersedia membagi yang terbaik bagi kita. Mengapa  engkau membiarkan sapinya mati ?”
Malaikat yg lebih tua menjawab: “Sesuatu tidak selalu kelihatan sebagaimana adanya.”

Begini ceritanya, kata sang malaikat yang lebih tua: “Ketika kita bermalam di basement, aku melihat bongkahan emas tua di dalam tanah di bawah lantai kayu tersebut. Karena pemilik rumah sangat tamak dan tidak bersedia membagi hartanya, maka aku menutup tanah itu dan memperbaiki lantai kayu itu dengan sebagus-bagusnya agar ia tidak menemukan emas itu.”

Kemudian  “Tadi malam ketika kita tidur di kamar petani ini, Tuhan ingin mengambil nyawa istri sang petani.  Kemudia aku meminta kepada Tuhan, agar tidak mengambil nyawa istri petani tersebut. Kemudian aku berdoa supaya sapi mereka saja yang diambil Tuhan. Dan Tuhan mengabulkannya.”

“Nah Begitulah kisahnya! Sesuatu tidak selalu kelihatan sebagaimana adanya.” Kadang-kadang kita berpikir bahwa sesuatu tidak seharusnya terjadi seperti yang kita lihat.  Namun jika kita diberitahukan mengenai apa yang terjadi  dikemudian hari kita akan memiliki pemikiran dan perasaan berbeda. Jikat kita menggunakan mata iman kita, maka kita hanya perlu percaya sepenuhnya bahwa semua yang  terjadi dalam hidup ini dirancang Tuhan demi kebaikan kita.  Kita mungkin tidak menyadari hal itu dengan cepat, kecuali peristiwa itu terjadi  secara untuh, hidup memerlukan respon yang benar.

Sabarlah dalam menghadapi penderitaan dan kesulitan. Percayalah bahwa Tuhan selalu merancang segala sesuatu yang terbaik bagi Anda yang hidup sesuai kehendak-Nya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: